RSS

Sabtu, 14 November 2009

The Winner or The Looser?

Kira-kira pilih yang mana nih sob?? “the winner atau the looser?”,, mungkin dari kedua kata itu menjadi banyak pertanyaan yang musti kita kaji lebih lanjut deh.. sebenernya apa sih maksud kata “winner” atau “Looser”.. kalo secara bahasa sih bisa diartikan “pemenang” atau “pecundang”.. wah wah kalo misal disuruh milih nih ya, pasti pada milih PEMENANG donk?? Masa sih mau”nya pilih jadi PECUNDANG?idihh.. ga lah yaw.. tapii,, kenapa sih pada pengen jadi “The Winner”???!!,,
The winner alias pemenang bukan berarti hanya dalam konteks tertentu loh, misalkan dalam lomba-lomba, atau kompetisi yang sering diadakan melainkan bisa ke hal-hal lain juga. Misal nih dalam hidup kita, hah?? Ga salah? Emang apa yang musti dimenangin sih? Hmmm.. jangan salah loh, justru perlombaan yang paling bergengsi di sisi Allah tuh dari hidup kita. Gimana proses dan kematangan kita dalam menjalani hidup inilah yang menjadi poin penting penilaian kita. Makanya kita kita nih juga musti inget apa tujuan hidup kita yaitu untuk beribadah dan hanya mengharapkan ridho Allah. Caranya??? Yah lomba donk dalam kebaikan salah satunya..
Masih pada inget ga nih ama firman Allah tentang hal itu? Nih catet ya, jangan lupa di kotaki n pake warna tebel??(hehe.. Peace! V).. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 148 (yang artinya) : “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri-sendiri) yang ia menghadap kepada-Nya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Nah tuh, udah jelas belum? ! dimanapun kita berada, Allah Maha Mengetahuinya. Makanya jangan sekali-kali berbohong kepada Allah dan juga sesame..
Trus gimane donk biar bisa jadi The Winner?! Apa Cuma berlomba-lomba dalam kebaikan aja?? Ya gak lah,, mungkin ada hal positif lainnya yang bisa kita lakukan. Tapi jangan salah ya,, berlomba-lomba dalam kebaikan selain wajib kita lakukan juga harus kita kaji lebih dalam lagi makna yang terkandung di dalemnya. Misalnya nih kalo kita pengen banget jadi The Winner Sejati, hal yang sangat penting untuk step pertama adalah melandaskan pikiran kita terhadap segala sesuatu yang mengandung kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Secara otomatis kita pasti terbiasa dengan pemikiran dan akhlak yang syar’i. nah kalo udah gitu kan jadi pinter memanage segala sesuatu yang akan kita lakukan. Hehe.. mudeng kan maksud ana?!?
Hmm.. tapi… gimana bisa membangun pemikran seperti itu ya? Ok deh, tenang aja pasti ana kasih tips dah, (minimal Rp 100.000,00 yah?)hehe.. emang abis ngangkutin apa sih eneng?? Kuli kali y?he.. sebelum ana kasih tau tipsnya, mending antum sekalian tau deh gimana sih ciri-ciri “The Winner?”,,
Ciri yang pertama berfikir positif, optimis, dan tidak takut celaan orang yang suka mencela. Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa diantara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai Allah, yang bersikap lemah lembut pada orang mukmin, yang bersikap keras pada orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah diberikanNya kepada siapa yang dikehendakiNya dan Allah Maha luas pemberianNya, lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Maidah : 54).
Yang kedua nih, berfikir besar.. hmm,, orang besar lahir dari cita-cita, mimpi mimpi, dan harapan harapan besar loh!!. Terkadang cita-citanya dianggap konyol oleh lingkungannya saat itu juga. Masih inget kan ama teorinya Copernicus?? Yup, bumi itu bulat, sebab perputarannya berporos pada matahari. Bukannya bangga, eh penduduk di lingkungannya malah nyaris mau gebukin loh saking ga percayanya mereka terhadap teori itu,. Begitu konyol.. (ups! Jangan salah, itu kan dulu.. tapi sekarang?? Berkat teorinya Copernicus dianggep ilmuwan hebat!).. ingat!! Ga ada yang ga munkin di dunia ini, yakin deh kita bisa memBUAT sesuatu yang HEBAT n BESAR!!
Ketiga, Berani gagal dan berani salah.. asal kalian tahu, jusrtu para pemenang banyak melakukan kesalahan daripada pecundang. Itu sebabnya mereka sukses, soalnya nih mereka banyak belajar dari kesalahan yang mereka lakuin n berusaha untuk memperbaikinya. Jadi masihkah kalian takuttt??!!!
Keempat, Tahan Banting.. (eits,, bukan gallon atau ember anti pecah lho!! Hehe..). tahan banting disini hampir sama dengan sabar.. sabar dalam menghadapi apapun. Termasuk, semakin tinngi kesuksesan maka semakin kompleks pula cobaan n rintangan yang akan dihadapi, nah loh kalo ga tahan banting,, mana bisa jadi orang BESAR?? (besar badan iya?hhe..)
Yang terakhir nih, Tidak meremehkan orang lain. Laa tahtaqir man duunaka fa likulli syai’in maziyyah. Artinya janganlah kalian merendahkan orang yang berada di bawahmu, karena pada segala sesuatu terdapat keistimewaan.
Hmm.. kira-kira nih,, kalian termasuk ciri yang mana??? Kalo misal ada salah satu ciri di atas pada diri kalian, gali terus yah!! Jangan takut untuk berkarya.. tapi kalo ga ada sama sekali gimana donk??(yah.. kelaut aja sono!! Hehe..) tenang.. ada tips-tips nih buat kalian. 1. Kenali potensi diri dan temukan, 2. Berjamaah dalam ide, amal, dan seluruh aspek hidup, 3. Lakukan sesuatu dengan Kreativitas(Kreatif donk!!hehe..) n 4. Menerima kritik dengan lapang dada. Jangan lupa untuk “BERSIHKAN NIAT n ucapkan BISMILLAH”. OKE??? Selamat mencoba!! Tar kalo udah sukses jangan lupain ana ya??(hehe.. numpang promosi nih.. ) wallahu ‘alam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar