RSS

Senin, 26 Oktober 2009

Who’s your Idol??!

    Ngomong-ngomong soal idola, pasti sobat muslim yang ana cintai ‘n sayangi ini (wuiihh!! Belum apa-apa udah ngomongin cinta??he..) udah ga asing lagi kan?? Apa tuh idola. Mungkin dari judulnya aja udah bertanya-tanya. Lho-lho idolaku siapa?? Hmm.. sebelum ngebahas itu, simak dulu deh ulasan berikut (yang mungkin udah ga asing lagi di telinga kalian.hehe..)^^.
     “Sebuah konser musik rock digelar di sebuah stadion. Penyanyi rocknya bergerak kesana kemari dengan mike di tangan. Tubuhnya basah oleh peluh, sementara ribuan orang penggemarnya melonjak-lonjak dan menari mengikuti suara pekak yang terdengar. Tiba-tiba si penyanyi rock melepas kausnya yang bau keringat, lalu melemparkan pada penonton yang segera berebutan yang seperti lupa daratan. Banyak yang terinjak, tersodok, dan terjatuh tunggang langgang seperti memperebutkan kaus yang bau tersebut. Kaus bersimbah peluh sang idola itu pun semakin kucel, ketika jatuh ke tanah dan terinjak puluhan pasang sepatu”. 
    Alamaaaaakk ... coba kaus yang baru aja kenapa sih???!!he..he.. kalian masa ga’ tau? Kira-kira udah pada pernah liat adegan yang begituan belum? Amboi deh,, kamu mau?? Demi sehelai kaus bau keringat, kamu bersedia desak-desakan n guling-gulingan(kalo perlu,hehe..) saling sikut untuk memperebutkannya? Wah, amit-amit deh!! Kalau si artis kebetulan ngidap penyakit kulit, gatelan, atau panuan. Gimana donk??! Hehe..          Ada lagi nih yang bahkan sampai niru abis-abisan. Dari penampilannya, lagak dan lagunya, makanan kesukaan, bahkan kebisaaannya..(waduh,, ga kreatif banget sih hidupnya, masa’ untuk makanan aja sampe ikut-ikutan??wew..) nah kalo pas yang ditiru yang baik-baik sih ga’ masalah. Lha kalo setelah meniru malah jadi makhluk asing di lingkunganmu gimana??! Kan berabe tuh (bisa-bisa dikira alien loh!! He..)
Tapi gimana ya, orang-orang sekarang (eh jangankan mereka, mungkin temen deket kita juga ) emang lagi demam ama yang begituan tuh? Tapi ya, masa’ mau ngikut yang ga’ bener biar dibilang trendi atau gaul?!? Lho.. apa bukan “KORID” atau KORban IDola tuh namanya?? Idiiih.. pikir-pikir dulu aja deh!!
   Ngomong-ngomong kenapa bisa gitu ya?? Kenapa orang-orang ketika mengagumi seseorang bisa sampai pingsan segala?? Darah rasanya mengalir lebih kencang, jantung deg-degan, dan keringat dingin ngalir deras. (hehe.. kayak mau ujan aja ya?!)idiiih.. bisa-bisa jadi pingsan tuh.. Ok-ok .. sabar dulu, pasti dapet jawaban kog! Tenang aja.. hmm, asal simak terus , dijamin ketagihan!hehe..
    Tentang si IDOLA?? Gini nih, Om John M Echols ‘n Om Hassan Shadily dalam bukunya yag berjudul “An English – Indonesian Dictionary” menyebutkan, kata idol (kata benda) artinya berhala, trus idolarity berarti pemujaan terhadap berhala. Naahhh … trus idolize artinya lebih serem lagi, yaitu memberhalakan. Duh-duh.. gimana donk?? Yang punya idola berarti penyembah berhala?? Tenang-tenang.. belum dibaca habis kan? Makanya geber teruss ya!he..
    Sobat muslim, rasa suka terhadap sesuatu atau seseorang itu suatu hal yang bisaa. So, wajar sekali kalo kamu tiba-tiba merasa klop ketika ketemu si ini dan si itu. Ini sangat berkaitan dengan konsep diri seseorang. Seseorang yang pencarian identitas dirinya masih berproses terus seperti kita yang masih remaja ini, maka kemungkinan untuk mengidolakan orang lain akan semakin besar. Jadi sebenarnya wajar-wajar aja sih punya idola.Tapiii… “Proses pengidolaan” yang ga wajar (alias berlebihan ) itu yang masalah .Kalian tau gak sih “Yang minor dari kebanyakan selebriti???”..
   Yang pertama, kebanyakan dari mereka adalah pengguna Narkotika. Ga percaya?? Nih.. hampir 70% artis Indonesia diyakini pernah mengkonsumsi Narkotika dan obat terlarang berbahaya (Narkoba). Kedua , kebanyakan dari mereka rentan dengan pola seks bebas sehingga resiko terkena virus HIV/AIDS semakin tinggi. Ketiga, kebanyakan dari mereka suka nikah trus cerai (nah loh! Kita kan masih remaja jadi belum saatnya deh dicampurin ideologi semacam itu!!) Aduhhh!!! Cerai emang boleh tapi kan dimurkai Allah!! Hiiiy.. n yang terakhir nih kebanyakan dari mereka tidak religius. Kog bisa?? Pernah denger lagu Imaginenya John Lennon kan? Imagine there’s no heaven.. kataya, ia tidak mempercayai adanya surga. Bahkan ia mengatakan The Beatles lebih besar dari Yesus!! Wah..wah! jadi masih pada mau ngikut mereka??!! Teruss.. gimana donk?
    Hmm.. tenang aja.! Tergantung gimana kita ngelolanya kog.. nah udah pada ngeh kan, tentang proses kita menyukai, mencintai, dan kemudian mengidolakan seseorang . memang sih sangat manusiawi karena selain didorong oleh proses kimiawi n fisiologi dalam tubuh, juga didukung oleh kondisi kejiwaan kita yang selalu mencari sosok berkonsep diri yang ideal. So, karena mencari sesuatu yang ideal itu adalah tugas kita sebagai manusia, maka ada beberapa prinsip kita sebagai remaja muslim yang biar gaul tetep shaleh n shalihah yang kudu dijadikan patokan.
    Selanjutnya menjadikan Rasul sebagai tauladan utama. What?? Ga salah tuh? He..jangan salah ! meneladani Rasul adalah bagian dari keimanan kita lho.. Syahadat kita aja yang merupakan ikrar, janji dan sumpah kepada Allah mengatasnamakan Rasulullah sebagai rasul Allah. Dalam QS. An-Nisa: 80 yang artinya: “Barangsiapa taat kepada rasul maka sungguh dia telah taat kepada Allah, dan barangsiapa berpaling, maka Kami tidak mengutus engkau sebagai penjaga atas mereka”. Jadi kalo ngikutin Rasul itu sama dengan menaati Allah. Kalo ada keraguan kita tentang hal ini, gawatt!! perlu direparasi kali ya keimanannya??!!hehe..
    Nah di QS.Al-Ahzab:21 ditegaskan lagi oleh Allah (yang artinya) :”Sungguh pada diri Rasulullah itu teladan yang baik bagi kamu, bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan hari kemudian dan banyak mengingat Allah”. Trus apa donk hikmahnya mengikuti n meneladani Rasulullah? Di antara hikmahnya adalah hidup kita tenang karena memiliki pegangan dan pedoman yang jelas.
    Lagi pula, meneladani Rasul adalah hal yang paling logis, bisa diterima akal sekaligus hati nurani. Kenapa? Sebab, ketika kita menuju sesuatu yang ideal maka kita harus mencontoh dan meneladani sosok yang ideal juga kan??nah, apa ada manusia lain yang diberi predikat Rasul yang ideal?so pasti ga ada. Karena manusia walaupun bagaimanapun baiknya tetep punya salah dan dosa.sedangkan Rasulullah?? Dosanya yang dulu n kemudian udah diampuni oleh Allah SWT. Wajar kalo kemudian kita ngambil contoh n teladan utama dari Rasul bukan? Jadi, buat kamu-kamu nih yang belum menjadikan Rasul sebagai teladan utama (idola kamu), segera deh diniatkan kembali.OK??!!!? jadi udah pada tau kan siapa idolaku???hehe.. Wallahu’alam. ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar